Breaking

Suzuki Satria 2 Tak Series

1. Suzuki Satria 120 S (1997-1999)
Keterangan foto tidak tersedia.
Seri pertama Suzuki Satria ini, dibekali mesin basis RG Sport 110, yakni 120 cc 2-tak berpendingin udara, dikawinkan transmisi 5-percepatan semi otomatis.
Jika RG Sport 110 punya bore x stroke = 54 mm x 48 mm, Satria 120 S memiliki bore x stroke 56 mm x 49 mm.

Tenaganya pun jadi yang paling besar dengan 13 hp pada 7.500 rpm. Dari segi desain, Suzuki Satria 120 S ini punya tampilan seperti motor bebek pada umumnya.
Tapi, Satria 120 S ini merupakan bebek pertama di Indonesia yang menggunakan mesin tegak.
Itu di saat pabrikan lain masih terlena dengan mesin bebek 100–110 cc.
Suzuki Indonesia menjawab tantangan para penyuka kecepatan dengan menghadirkan Satria120 S ini.
2. Suzuki Satria RU 120 R (1998-2000)
Gambar mungkin berisi: sepeda Motor
Kehadiran dari Suzuki Satria 120 S kurang responsif pada tarikan awal, maka Suzuki Indonesia pada tahun 1998 membuatkan tipe baru dalam keluarga Suzuki Satria, yaitu Satria RU 120 R.
Dengan dimunculkannya tipe Satria RU 120 R menjawab seluruh keinginan para penyuka kecepatan.
Mengusung basic mesin yang sama, namun pada sistem transmisi berubah menjadi 6 percepatan dan yang awalnya pada sistem perseneling menggunakan sistem rotary, diganti dengan model sport
Yaitu, gigi 1 ke depan dan gigi 2 sampai 6 ke belakang.
Sebelumnya, gigi 1 sampai 5 ke depan semua.
Bukan cuma pada transmisi, inovasi yang dilakukan Suzuki juga merombak total sistem koplingnya menjadi kopling manual.
Sehingga, tarikan awal motor ini lebih responsif.
Lalu, jika Satria 120 S ada elektrik starternya, pada Satria RU 120 R elektrik starter dilepas dan hanya menggunakan kick starter saja.
3. Suzuki Satria RU 120 R (2000–2003)
Gambar mungkin berisi: sepeda Motor
Seiring berkembangnya zaman dan tren di anak muda millenial awal, Satria RU 120 R kali ini tampil dengan desain yang menyesuaikan.
Ya, pada periode ketiga tersebut motor ini menambahkan double disc brake di bagian pengeremannya.
Bukan cuma itu, hadirnya motor ini dengan livery Movistar ditambah pelek model casting wheel alias pelek palang, semakin mendongkrak tampilan Satria RU 120 R.
Nama Satria Lumba-Lumba sebagai julukan motor ini semakin tenar di antara anak-anak muda kala itu.
4. Suzuki Satria RU 120 LSCM (2003-2005)
Gambar mungkin berisi: sepeda Motor
Generasi terakhir, Suzuki Satria bermesin 2-tak ini mendapat perubahan total dari segi desain.
“Revisi di sektor tersebut membuat tampilan Suzuki Satria menjadi lebih agresif dan sporty.
Selain itu, sektor panel instrumen sudah mendapatkan penunjuk putaran mesin atau takometer.
Indonesia sendiri mendatangkan varian ini secara CBU dari Suzuki Lion Malaysia,” ujar Baba Aseng, dari komunitas 120’ers.
Gambar mungkin berisi: sepeda Motor
Motor yang sering disapa Satria Hiu ini tidak bertahan lama beredar di Indonesia, meskipun respon masyarakat terhadap motor ini sangat baik.
Ya, karena pada waktu itu terbentur regulasi yang melarang penjualan motor-motor 2-tak di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.