Suzuki RGV250 VJ21

Suzuki RGV250 adalah salah satu motor 2-tak 250cc paling populer di dunia. Dimunculkan dengan mesin menarik lainnya seperti Honda NSR250R dan Yamaha TZR250SPR. Motor khusus ini adalah RGV250K-L VJ21 yang menghasilkan 58 PS pada 11.000RPM. Dibuat dari tahun 1988 dan sampai tahun 1990. Muncul dalam warna biru dan putih Suzuki ikonik yang membedakannya dari motor yang bersaing.
Suzuki RGV 250 Gamma VJ 21 ini lahir di tahun 1988 sebagai penerus dari Suzuki RG 250 Gamma. Sepeda motor ini didaulat untuk bersaing dengan Motor 2 Langkah 250cc yang sangat superior kala itu seperti Yamaha TZR250 dan Honda NSR250SP serta Kawasaki KR1S. Sama seperti para Rivalnya, Suzuki RGV 250 Gamma ini hadir hanya untuk pasar domestik Jepang saja, namun lambat laun akhirnya diimport juga ke Beberapa Negara seperti Eropa, Australia dan juga Masuk secara “Black Market” ke Amerika Serikat kala itu. Dari sisi tampilan tentunya cukup berubah drastis dari seri Suzuki RG 250 Gamma, jok terpisah, Twinspar Frame Alloy yang biasa disebut dengan ‘DC ALBOX‘ paduan baru adalah bentuk klasik tetapi memiliki sentuhan akhir yang luar biasa dan lasan paduan yang indah mempertahankan reputasi Suzuki sebagai yang terbaik di bidang ini. FrameDC-ALBOX yang mengacu pada desain dual-cell yang memiliki tulang rusuk bagian dalam yang memberikan kekakuan tetapi pada saat yang sama ringan. Di dunia superbike, Suzuki dikenal membuat sasis yang ringan dan kuat. DC-ALBOX ini juga berkontribusi pada posisi tempat duduk rendah yang hanya 755mm
Telescopic fork, 5-way adjustable with anti-dive, oil dampened plus Dual Disc Brake di bagian depannya nie sobat bikerz. Kemudian sisi handlingnya dengan pijakan kaki cukup panjang tetapi setangnya tidak terlalu rendah, sehingga posisi mengendarainya rileks dan kurang ekstrim dibandingkan Honda NSR250, namun memudahkan bagi rider yang baru saja mengendarai Suzuki RGV 250 Gamma VJ21 ini.

Walaupun ini motor Jadul tapi jangan salah, teknologi yang disematkan sudah canggih, bayangin aja untuk silinder blok nya atau biasa dibilang Buringnya sudah menggunakan Silinder all-alloy dipagari dengan SBC (Suzuki Boron Composite), lapisan gesekan rendah mirip dengan oposisi, meskipun formula berbeda untuk mengurangi berat dan gesekan. Piston itu datar-atasnya untuk panas-penyebaran yang lebih baik, menurut Suzuki. Kemudian Gearbox enam percepatan juga mendapat manfaat dari teknologi pelumasan terbaru dengan injeksi oli ke bearing, selain itu hadirnya teknologi AETC. Ini ‘Automatic Exhaust Timing Control’ yang telah muncul pada motorcrossers RM tampaknya sedikit rumit tetapi terbukti sangat efektif untuk menyalurkan pembuangan sisa pembakaran scara maksimal. Radiator yang sangat besar secara langsung berasal dari pembalap RGV 500 dan bentuknya yang cekung, yang disalurkan mengarahkan udara panas melalui sisi fairing. Menurut Suzuki itu mendingin 50 persen lebih efisien dengan cara ini

Satu hal lagi yang tidak dapat ditinggalkan tanpa menyebutkan tentang transmisi. Ia memiliki transmisi 6-kecepatan yang kita semua harapkan, tetapi hebatnya adalah transmisi ini langsung dari teknologi GP yang menggunakan gearbox tipe kaset. Ini adalah konfigurasi one-piece yang dirancang untuk penggantian dan perawatan yang mudah, tetapi hal ini tidak murah.

Suzuki RGV250 VJ21 terbagi atas :
- VJ21 SP (1988)
- VJ21 K (1989)
- VJ21 SP (1989) Pepsi Edition
Tidak ada komentar: